Asosiasi Kuliner Bazar Nusantara atau AKU BN Sumut Perkuat UMKM Sebagai Pondasi Ekonomi Sumut

Editor: dicky irawan author photo


Agiodeli.id - Keberadaan Asosiasi Kuliner Bazar Nusantara atau AKU BN bakal memperkuat UMKM sebagai salah satu pondasi ekonomi di Sumatera Utara.

Diketahui, AKU BN adalah suatu gerakan yang diinisiasi oleh para pelaku UMKM Sumut untuk mendorong peningkatan kapasitas UMKM agar bisa naik kelas hingga mampu menembus pasar global khususnya di pasar nasional.

Ketua Umum Sahabat BN Sumut, Muhammad Aulia didampingi Sekjen Ali Siregar, Bendahara Edi Suderajat, menuturkan, UMKM perlu terus diberdayakan lantaran menjadi fondasi dan basis perekonomian nasional khususnya Sumatera Utara. 

Secara umum, UMKM Indonesia berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB Indonesia dan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja.

"UMKM sudah terbukti mampu menopang perekonomian, sehingga kita terus  berupaya agar para pelaku UMKM Medan- Sumatera Utara khususnya untuk terus meningkatkan kapasitasnya, melalui berbagai cara, seperti pelatihan, pendampingan, pembukaan akses modal, maupun akses pasar," papar Muhammad Aulia kepada wartawan di Kota Medan, Senin (9/9/2024).

Selain itu, Muhammad Aulia menambahkan, pemanfaatan teknologi digital juga menjadi perhatian utama bagi para pengurus Sahabat AKU BN Sumatera Utara

Lebih lanjut Muhammad Aulia menambahkan, Platform Kolaborasi Digitalisasi UMKM dengan melibatkan  berbagai stakeholder mulai dari pelaku UMKM, perusahaan besar, pemerintah, dan pemangku kepentingan lain, untuk berkoneksi dan mendukung UMKM naik kelas. 

Dengan membagikan informasi seputar akses pasar, akses keuangan dan pengetahuan menjadi program prioritas AKU BN Sumatera Utara.

Muhammad Aulia menambahkan, pelaku UMKM yang tergabung akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan hingga membantu akses permodalan sekaligus membangun jejaring

"Kami akan terus berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam upaya meningkatkan kapasitas UMKM. Antara lain membantu UMKM dalam proses melibatkan para pelaku UMKM dalam setiap event – event yang digelar khususnya di Kota Medan sampai dengan  digitalisasi," jelasnya.

"Sehingga, mereka terkoneksi dengan ekosistem digital dan memberikan pendampingan legal gratis bagi UMKM. Nanti kami akan bagikan link pendaftaran untuk menjadi mitra binaan Sahabat BN Sumatera Utara," pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com