Inisiasi Polnabereborn, Kompol Yayang Rizky Pratama Ingin Menjadi Sosok Bermanfaat Bagi Masyarakat

Editor: B Warsito author photo
Kompol Yayang Rizky pratama
Kapolsek Medan Baru Kompol Yayang Rizky Pratama inisiator Polmabereborn bersama para pemuda merakit pipa untuk kolam ikan lele




Agiodeli.id - Apa yang dilakukan oleh sejumlah pemuda di Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia patut menjadi contoh. Pasalnya, para anak muda itu lebih memilih melakukan kegiatan positif membudidayakan ikan lele dari 

Mereka tergabung dalam Komunitas Polnabereborn. Anak-anak muda ini dibina oleh Kompol Yayang Rizky Pratama yang merupakan inisiator Polnabereborn. 

Polnabereborn, merupakan transformasi dari Polnabe alias Polisi Menanam Cabe yang merupakan gerakan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat ini lahir semasa Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2008 ini berdinas di Polres Asahan, Provinsi Sumut. 

Seiring berjalannya waktu, Kompol Yayang Rizky Pratama dipercaya sebagai orang nomor satu di Polsek Medan Baru, jajaran Polrestabes Medan, Polda Sumut. 

Begitu juga dengan Polnabe berubah nama menjadi Polnabereborn yang menandakan gerakan ini eksis agar bermanfaat bagi orang banyak. 

Tak hanya anak muda, Polnabereborn yang diinisiasi sekaligus dinahkodai oleh Kompol Yayang ini melibatkan orang-orang muda berbakat di bidangnya masing-masing. Mulai dari aktivis mahasiswa, pelajar diikutsertakan oleh Kompol Yayang dalam gerakan Polnabereborn ini.

Bahkan, sejumlah Jurnalis dan Kepala Lingkungan (Kepling) di Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Polonia turut serta di bawah komando Kompol Yayang Rizky Pratama dalam gerakan Polnabereborn tersebut. 


Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Selain budidaya ikan lele tersebut, Polnabereborn juga membudidayakan ulat magot dari Black Soldier Fly (BSF) atau lalat tentara hitam (nama ilmiah: Hermetia illucens).

"Lewat gerakan Polnabereborn ini, Saya Ingin menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang banyak," ujar Kompol Yayang saat ditemui di areal kolam Polnabereborn pada hari Rabu, 24 Juli 2024 malam.

Sebab, lanjut Yayang menjelaskan, ia memegang teguh prinsip 'sebaik-baiknya manusia harus bermanfaat bagi orang banyak'.

"Prinsip sebaik-baiknya manusia harus bermanfaat bagi orang banyak. Inilah yang menjadi dorongan kuat bagi saya dalam menginisiasi gerakan Polnabereborn ini," jelas Kompol Yayang.  

Sekali lagi, kata Kompol Yayang, gerakan Polnabereborn ini adalah bentuk eksistensi sebaik-baiknya manusia harus bermanfaat bagi orang banyak. (B Warsito)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com